Cara Cek IMEI Android Asli dan Palsu

Cara Cek IMEI Android – Apa itu IMEI ? Kita sering sekali mendengar istilah kode IMEI, IMEI Ponsel, IMEI Android, Cek IMEI Android. Banyak orang tak mengetahui apa itu IMEI dan menyepelekan IMEI begitu saja. Padahal IMEI merupakan salah satu syarat wajib dibuatnya suatu ponsel untuk dipasarkan pada konsumen. IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Setiap ponsel wajib memiliki nomor IMEI, dan setiap ponsel harus memiliki kode atau nomor IMEI yang berbeda – beda. Saat anda membeli sebuah ponsel baru dan mendapat nota pembayaran, pasti disitu akan dicatatkan kode nomor IMEI dari ponsel tersebut untuk keperluan Garansi ponsel tersebut.

Pada umumnya sebuah IMEI terdiri dari 14 digit decimal ( ponsel lawas ), sedangkan pada ponsel keluaran terbaru terdiri dari 15 digit. Dari sekian banyak digit, tujuan utama dari kode – kode IMEI ini adalah untuk memudahkan para pengguna, teknisi untuk mengidentifikasi keaslian dari ponsel tersebut. Karena IMEI ini dapat dicek melalui website khusus yang akan mengidentifikasi hardware ponsel yang sebenarnya.

Jika suatu ponsel memiliki perbedaan IMEI pada kode IMEI dibelakang baterai dengan kode IMEI asli motherboard ponsel maka kemungkinan besar ponsel tersebut palsu atau bisa juga ponsel tersebut sudah pernah ganti motherboard karena motherboard aslinya rusak. Maka dari itu, antara IMEI motherboard ponsel dengan IMEI yang dituliskan dibelakang baterai harus sama. Lalu bagaimana cara cek IMEI Android? Ada banyak cara untuk cek kode IMEI ponsel Android maupun ponsel biasa.

Berikut cara cek IMEI pada beberapa ponsel khusus :
•    iOS (iPhone, LTE/3G iPad) : masuk ke menu Settings > General > About.
•    Android: masuk ke menu "Settings" kemudian "About Phone".
•    Ponsel Sony Ericsson tipe lama: ketik "* Kanan * Kiri Kiri * Kiri *" di keypad.
•    BlackBerry atau Sony Ericsson versi baru: masuk ke menu "Options" kemudian "Status".

Jika cara diatas terlalu ribet bagi anda, anda juga bisa mengecek IMEI diponsel anda dengan cara mengetikan kode *#06# melalui keypad. Jika anda ingin mengetahui lebih detail tentang informasi ponsel anda sebenarnya dari mulai spesifikasi asli bawaan dari ponsel anda. Anda dapat mengikuti Cara Cek IMEI Android via imei.info :

1. Cek kode imei ponsel anda dengan cara mengetikan *#060# pada keypad, lalu akan muncul kode imei seperti gambar dibawah ini yang berjumlah 15 digit.

 2. Lalu buka website ini : Check IMEI
 3. Masukan kode IMEI ponsel anda ke kolom yang sudah disediakan, lalu klik tombol CHECK warna biru. Maka disitu akan terlihat spesifikasi lengkap tentang ponsel anda. Seperti gambar dibawah ini :
4. Anda juga bisa mengetahui spesifikasi lebih dari ponsel anda dengan klik tombol READ MORE.

Itulah cara cek imei android asli dan palsu, mudah bukan?

>
Cara Cek IMEI Android Asli dan Palsu | Aris Subekti | 5